Breaking News
Loading...
Thursday 2 March 2017

Beberapa Hobi yang Bisa Membantu Cerdaskan Otak


Hobi bantu cerdaskan otak


Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan otak yang berbeda-beda. Tak sedikit orang yang merasa minder karena merasa kecerdasannya dibawah rata-rata. Sebenarnya anda tidak perlu minder jika mengalami hal tersebut, tetap bersikap seperti biasa. 

Dilansir dari laman Cosmopolitan, ada beberapa jenis hobi yang bisa membantu anda didalam meningkatkan kecerasasn otak anda, berikut diantaranya. 

Bermain alat musik


bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan otak


Musik dapat menstimulasi otak, pernyataan tersebut telah disetujui dan dibuktikan oleh sejumlah peneliti hebat di dunia. Musik diyakini memiliki kemampuan untuk mempengaruhi sisi emosional kompleks manusia dan kondisi psokologisnya. Peneliti juga menjelaskan bahwa dengan mendengarkan musik sekaligus memainkannya, dapat membantu anda untuk meningkatkan kemampuan mengingat atau memperkuat memori di dalam otak anda.

Dengan bermain alat musik juga membantu anda untuk menguji kesabaran serta melatih ketekunan anda lantaran memakan waktu yang relatif lama dan juga harus ada niat pada seseorang untuk mau melakukannya. Terlebih lagi konsentrasi juga meningkat dengan melakukan hobi ini secara rutin.

Membaca


membaca dapat meningkatkan kecerdasan otak


Anda tidak suka membaca buku? sebaiknya anda ubah kebiasaan sehari-hari anda dengan membaca buku diwaktu yang senggang. Membaca buku dapat membantu anda mencerdaskan otak anda, apalagi jika seseorang suka membaca buku sejak usia dini. Terlepas dari buku apapun yang ia baca, baik fiksi, non fiksi, biografi, dll. Hal ini dikarenakan orang yang rajin membaca buku akan memiliki lebih banyak inspirasi. 

Imajinasi yang ia miliki juga luas sehingga waktu untuk stress berkurang. Orang-orang yang rajin membaca buku diyakini memiliki kedamaian hati serta lebih sejahtera secara lahir dan batin. Selain itu, membaca buku membuat seseorang lebih siap menghadapi sesuiatu lantaran ia sudah didukung oleh ilmu pengetahuan uang luas. Membaca buku juga membuat seseorang menjadi lebih produktif didalam upaya mencapai cita-citanya.

Meditasi


meditasi bantu cerdaskan otak


Meditasi dapat membantu seseorang untuk fokus pada pencarian jati dirinya. Hobi yang satu ini ampuih mengurangi stres yang orang tersebut alami. Dengan meditasi juga dapat menghilangkan segala macam bentuk bentuk kekhawatiran yang ada di kepala.

Dengan melakukan meditasi, seseorang bisa berpikir lebih jernih ketika mereka hendak merencanakan hal-hal tertentu didalam hidupnya. Selain itu, orang tersebut akan lebih efektif dalam menangani suatu dari yang mudah hingga perkara yang sulit. Selain itu, orang tersebut biasanya bisa mengendalikan diri dari perbuatan negatif yang dapat merugikan kesehatan fisik dan juga mentalnya.

Memasak


memasak membantu cerdaskan otak


Orang yang memiliki hobi memasak cenderung memiliki jiwa kreatif yang tinggi. Dia selalu memiliki komitmen yang kuat untuk menyajikan hidangan denga rasa yang mantap, kemudian dia juga memiliki tekad yang bulat untuk memberikan makanan kualitas terbaik dari dirinya. Orang-orang yang suka memasak selalu perhatian terhadap hal-hal yang kecil dan mengasah keterampilannya dari waktu ke waktu. Ini merupakan tanda-tanda orang yang memiliki otak cerdas.

Menulis


menulis dapat bantu cerdaskan otak


Hobi menulis membantu meningkatkan kemampuan linguistik, menonjolkan kreativitas, mengundang imajinasi, mengasah keterampilan, melatih fokus, mempromosikan ekspresi diri sendiri serta membuat seseorang lebih konsisten akan suatu hal. Dari semua hobi yang saya bahas, menulis adalah yang paling utama menandakan peningkatan pada kecerdasan otak manusia.

Travelling


travelling dapat bantu cerdaskan otak


Mungkin anda mengira travelling hanya sekedar jalan-jalan ke tempat wisata. Atau tracking di salah satu gunung yang ada di Indonesia. Ternyata selain mendapatkan kepuasan pada saat melakukan perjalanan, travelling juga dapat membantu mencerdaskan otak kita.

Energi yang terkuras ketika melakukan perjalanan jauh dapat membantu mengurangi stres yang ada didalam otak anda. Ketika stres berkurang, seseorang akan menjadi lebih fokus pada hal-hal yang ingin dia lakukan. Pengamatan anda tentang sesuatu hal pun akan menjadi detil dan pemahaman akan suatu budaya atau hal lainnya bertambah. Ini tentunya menjadi aset positif bagi otak anda.


incoming search :
  • hobi
  • macam-macam hobi
  • manfaat memiliki hobi
  • hobi yang bisa cerdaskan otak
  • hobi yang bermanfaat
  • hobi dapat meningkatkan kinerja otak
  • memasak
  • travelling
  • membaca
  • menulis
  • manfaat hobi menulis
  • bermain musik
  • main gitar
  • manfaat main musik
  • manfaat bisa bermain gitar

0 comments:

Post a Comment