Breaking News
Loading...
Thursday 9 March 2017

Traveling mempunyai dampak positif untuk kesehatan


manfaat traveling


Apotek Sehat - Traveling adalah kegiatan yang sangat populer pada masa ini. Tidak hanya para remaja, orang dewasapun banyak yang melakukan aktivitas traveling. Hampir semua kalangan menyukai traveling karena selain bisa menikmati alam yang sangat indah, para traveler mendapatkan banyak manfaat dari aktivitasnya yang sedang populer itu.

Traveling bisa dijadikan ajang untuk liburan, melepas penat, bermain dengan sahabat, ataupun hanya sekedar ingin jalan-jalan saja. Menurut beberapa ahli, traveling memiliki manfaat yang baik untuk pikiran, tubuh, dan jiwa kita. Berikut beberapa alasan kenapa traveling memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kita :

Meingkatkan Empati


manfaat traveling untuk kita


Menurut Wallace J Nichols, penulis buku Blue Mind: The Surprising Science That Shows How Being Near, In, On, or Under Water Can Make You Happier, Healthier, More Connected and Better at What You D, mengatakan bahwa berlibur terutama di tempat yang dekat dengan air, bisa membantu kita melepaskan emosi dan meningkatkan empati.

"Sering dikatikan dengan perasaan kagun dan takjub, air dapat meningkatkan empati dan gairah kita, memperbaiki hubungan dengan diri sendiri dan orang lain. Bagi musisi seperti Pharrel Williams dan ahli saraf, Oliver Sacks, berlibur dekat dengan elemen air merupakan sumber kreativitas," kata Wallace.

Mendapatkan kembali bentuk badan yang diinginkan


manfaat traveling untuk kesehatan
Wisata Pantai Raja Ampat

Bagi sebagian orang, liburan bukan waktu yang tepat untuk berolahraga. Mereka ingin mendapatkan kemikmatan liburan dan quality time pada apa yang mereka lakukan pada saat liburan. Tetapi bagi para traveler liburan adalah waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Karena kegiatan mereka yang berhubungan dengan alam dan menuntut mereka untuk bergerak aktif agar bisa mendapatkan apa yang menjadi tujuan traveling mereka.

Salah satu aktivitas treveling yang sangat cocok untuk sarana olahraga adalah mendaki gunung. Dengan membawa beban barang bawaan yang ada di dalam tas carier, mengharuskan para pendaki gunung untuk menahan berat dari tas tersebut. Belum lagi jalan atau track yang menanjak untuk mencapai puncak menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki.


Baca Juga : Hobi yang bisa mencerdaskan otak

Menyatu dengan lingkungan baru dan menghilangkan stres


Dr Margaret J King, direktur Center for Cultural Studies & Analysis, mengatakan, traveling memiliki banyak manfaat. Manfaat yang paling kelihatan adalah menghilangkan stres. Traveling menjadi aktivitas yang paling seru, karena disana kita akan mendapatkan pengalaman dan momen yang akan selalu kita kenang seumur hidup. 

Dengan melakukan traveling kita mendapatkan paket berlibur yang lengkap. Dimulai dari mengunjungi tempat yang baru, menemui wajah-wajah baru, mendapatkan pengalaman baru, dan bahkan mendapatkan teman baru. 

"Manusia selalu menginginkan hal-hal baru, dan travel menawarkan paket lengkap karena bisa melihat wajah baru, mendengar suara dan pemandangan yang belum pernah dilihat sebelumnya," ujar Margaret.

Waktu beristirahat


Kurangnya waktu tidur yang berkaitan dengan stres dapat menimbulkan konsekuensi negatif yang memengaruhi kemampuan kognitif dan efisiensi kita. Max Hirshkowitz, Ketua Nasional Sleep Foundation (NSF), mengatakan, liburan merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membayar utang tidur kita. Agar lebih berenergi, NSF menyarankan, kita sebaiknya tidur sekitar tujuh jam per hari.

Meningkatkan Mood


manfaat traveling untuk tubuh dan kesehatan kita


Diamond Resorts International pernah melakukan survey, dan hasil survey tersebut menemukan bahwa lebih dari 3/4 responden mengatakan bahwa mereka jauh merasa lebih bahagia jika merencanakan perjalanan paling tidak setahun sekali. Psikiater dan juru bicara American College of Emergency Physicians, dr Leigh Vinocur, tidak merasa heran dengan hasil survey tersebut.

"Mengambil waktu liburan sendiri ataupun bersama keluarga menurunkan tingkat stres kita, dan melepaskan semua hormon stres yang berakibat buruk bagi kesehatan mental dan fisik kita," kata Leigh. Beberapa hasil studi juga menunjukkan bahwa kenangan bagus saat liburan bisa memberikan kebahagiaan lebih lama bagi kita.


Bagi kalian yang masih ragu dengan melakukan aktivitas traveling, mulai sekarang hilangkan keraguan itu. Mungkin beberapa dari kalian menganggap bahwa traveling menghabiskan banyak uang. Kalau kata teman saya "Laopo munggah gunung, golek kesel. Mending turu ae ndek omah."

manfaat traveling untuk kesehatan dan tubuh kita
Ranu Kumbolo - Gunung Semeru - East Java


Pernyataan seperti itu sering saya temui ketika saya bercerita tentang mendaki gunung dengan teman-teman saya. Kebetulan salah satu teman saya adalah tipe "anak rumahan" dimana mereka sering menghabiskan waktu mereka hanya di dalam rumah, dan bermain game. Mereka keluar rumah hanya ketika ada perlu dan saat keperluannya selesai, mereka langsung pulang lagi ke rumah.

Buat kalian yang masih memiliki pemikiran seperti itu, ayolah kawan, sadarlah. Traveling itu tidak membuat kita hanya capek dan menghabiskan uang. Dengan traveling kalian akan mendapatkan pengalaman hidup yang sangat berharga untuk masa mendatang. Banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari sana. Sehingga membuat kita jadi lebih menyadari apa arti kehidupan yang sesungguhnya.

Kalau saya jelaskan disini, tentu tidak akan ada habisnya. Dan selain itu, kecil kemungkinannya bagi kalian untuk mengerti apa yang saya rasakan ketika melakukan aktivitas traveling. Cobalah sekali saja kaian lakukan traveling. Tidak cuma mendaki gunung, pergi ke pantai ataupun camping di alam bebas juga merupakan salah satu aktivitas traveling. Dan pada saat kalian melakukannya, rasakan betapa hebat manfaat yang akan kalian dapatkan dari traveling


incoming search :
  • manfaat traveling
  • sisi baik traveling
  • perjalanan ala backpacker
  • manfaat mendaki gunung
  • tips mendaki gunung
  • inging menjadi traveler
  • tips menjadi traveler
  • hobi yang menyehatkan
  • hobi yang bermanfaat
  • hobi yang menyenangkan
  • tips sehat dengan hobi
  • mendapatkan kesehatan dengan traveling


0 comments:

Post a Comment