Breaking News
Loading...
Wednesday 1 March 2017

Gigi Terasa Ngilu Terus Menerus ? Ini dia Solusinya !!


Tak dipungkiri lagi, gigi sensitif memang sering kali merepotkan anda. Apalagi jika anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin atau yang terlalu panas. Gigi yang sensitif akan merespon hal tersebut sehinga membuat gigi anda terasa ngilu dan bahkan bisa membuat kepala menjadi pusing.

cara mengatasi gigi terasa ngilu


Hal ini bernar-benar menjadi masalah besar untuk kehidupan sehari-hari anda. Dan jika anda ingin makan atau minum, anda harus memilih makanan atau minuman dengan suhu yang pas. Karena jika tidak begitu, tentunya akan membuat gigi anda menjadi ngilu. 

Tak seorangpun yang betah memiliki gigi sensitif seperti ini. Sebaiknya anda lakukan sesuatu yang bisa menghilangkan gigi sensitif anda. Cara mengatasi gigi sensitif sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadikan gigi anti ngilu.

1. Hindari Kafein


hindari mengkonsumsi kafein


Bagi anda penderita gigi sensitif, sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi kafein bahkan jika bisa anda harus menghindari kafein. Tidak hanya itu, anda juga sebaiknya hindari minuman alkohol dan juga makanan yang mengandung asam. Hal itu dikarenakan, zat di dalam makanan dan minuman tersebut dapat membuat lapisan gigi menjadi semakin terbuka sehingga gigi akan semakin menjadi sensitif.

2. Stop Menggertakan Gigi


jangan terlalu sering menggertakan gigi


Tanpa anda sadari, ada beberapa orang yang suka menggertakan gigi ketika sedang tidur lelap. Padahal kebiasaan yang satu ini dapat mengikis enamel pada gigi anda. Apabila anda memiliki kebiasaan ini, lebih baiknya anda berkonsultasi pada dokter gigi langganan anda.

3. Gunakan Pasta Gigi Khusus

Gigi sensitif memerlukan pasta gigi dengan formula khusus. Dan alangkah baiknya, jika anda memilih pasta gigi dengan teknologi Novamin. Teknologi Novamin ini dapat membentuk lapisan mineral gigi hingga 1.5x lebih kuat dari lapisan alami untuk melindungi gigi anda yang sensitif.

4. Rutin ke Dokter Gigi


manfaat rutin periksa gigi


Menjaga kesehatan gigi bukanlah hal yang dapat disepelekan. Untuk itu, sebaiknya anda harus rutin melakukan kunjungan ke dokter gigi langganan anda untuk mengecek kondisi kesehatan gigi anda. Memang, gigi sensitif perlu penanganan khusus agar bisa disembuhkan. Dan untuk proses penyembuhannya tergantung pada kondisi gigi anda.


Berkaitan dengan rutin melakukan pengecekan kesehatan gigi, ada baiknya jika anda melakukan cek kesehatan gigi setiap 6 bulan. Jadi tidak hanya ketika anda merasakan sakit gigi baru anda pergi ke dokter gigi. Padahal dengan rutin pergi ke dokter gigi, keluhan sakit gigi bisa dihindari.

Mengutip laman health.liputan6.com yang pada hari Selasa (28/2/2017) melakukan bincang-bincang dengan dokter gigi Anggia Ratri Renjana. Dokter Anggi berkata "Kecenderungan masyarakat akan periksa gigi ke dokter setelah sakit. Padahal kalau rajin enam bulan sekali hal itu bisa dihindari,"

Beliau juga mengatakan ada dua hal yang dilakukan setiap kali memeriksakan gigi dalam enam bulan sekali, yaitu :

1. Membersihkan karang gigi


membersihkan karang gigi


"Karang gigi itu kan bakteri semua, kalau karang gigi dibiarkan bisa merusak tulang penyangga gigi.  Hal ini membuat gigi jadi goyang kemudian lepas," ucap Anggia.

Dengan gigi yang bebas dari karang, akan membuat anda terhindar dari masalah yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut seperti gusi berdarah, gusi bengkak, dan bau mulut.

2. Mengecek ada atau tidaknya lubang gigi


mengatasi gigi berlubang


"Gigi berlubang itu bisa tanpa gejala. Baru ketika sudah ngilu saat makan atau minum itu artinya lubangnya sudah dalam," kata dokter Anggia yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Seakarang anda sudah tahu kan manfaat melakukan cek kesehatan gigi secara rutin. Selain untuk membersihkan karang gigi, kita nantinya juga akan melalui proses pengecekan ada tidaknya lubang pada gigi. Jadi, lubang gigi yang masih berukuran kecil bisa segera ditindaklanjuti. Sehingga kondisi gigi anda tidak parah dan sekaligus mereduksi biaya pengeluaran akibat kondisi kesehatan gigi yang sudah parah.





incoming search :
  • mengatasi gigi ngilu
  • gigi sensitif
  • mengatasi gigi sensitif
  • penyebab gigi sensitif
  • penyebab gigi terasa ngilu
  • manfaat rutin memeriksa gigi


0 comments:

Post a Comment