Breaking News
Loading...
Monday 18 September 2017

BAHAYA RAMBUT KEPALA RONTOK


Rambut adalah mahkota baik itu laki-laki atau perempuan. Memiliki rambut yang indah adalah impian semua orang. Tidak sedikit mereka yang mengeluarkan uang hanya untuk sekedar melakukan perawatan rambut. Tapi setiap bagian tubuh pasti mempunyai kemungkinan untuk mengalami masalah. Salah satunya adalah rambut yang memiliki masalah rontok pada usia-usia tertentu.

Rambut rontok yang normal


Rambut manusia mengalami fase aktif dan pasif. Dalam pola pertumbuhan rambut pendistribusiannya secara acak ke seluruh kulit kepala. Dalam satu periode rambut ada yang tumbuh aktif sementara yang lain istirahat. 50 sampai 150 rambut mengalami fase istirahat setiap harinya. Pada fase istirahat inilah rambut mengalami kerontokan dari kulit kepala. Jadi seandainya setiap hari rambut rontok belum sampai 150 helai maka masih bisa dikatakan normal. Apalagi rambut wanita yang panjang, lebih mudah mengalami rontok dibanding rambut pendek.

Banyak faktor penyebab kerontokan rambut seperti kulit kepala yang kurang sehat, rambut kering serta berbagai penyebab lainnya yang masih bisa dikatakan sebagai masalah yang tidak terlalu serius. Tetapi hati-hati dengan kerontokan rambut yang parah. Kerontokan rambut dapat menjadi gejala yang timbul akibat penyakit yang diderita oleh seseorang.

Kerontokan rambut yang dalam jumlah yang banyak dan terjadi dalam keseharian tentunya berbahaya. Jika rambut anda mengalami kerontokan yang parah segera periksakan kesehatan anda ke dokter. Berikut ini beberapa bahaya rambut rontok berlebihan :

1. Kulit kepala tidak sehat


Kerontokan pada rambut mengidentifikasi bahwa kulit kepala tidak sehat. Penyebab rambut rontok dengan tidak normal dan terlalu banyak perlu diwaspadai. Kulit kepala yang tidak sehat sering menyebabkan peradangan. Peradangan pada kulit kepala dapat menyebabkan rambut sulit tumbuh.

2. Dapat menyebabkan kebotakan


Kerontokan rambut secara terus-menerus dapat mengakibatkan kebotakan pada kepala. Rambut botak akan mengurangi rasa percaya diri baik pada pria ataupun wanita. Kebotakan kepala lebih sering dialami oleh pria.

Pria mulai usia 20 tahun sudah bisa terserang botak karena rontoknya rambut yang parah. Seoranga yang mengalami kebotakan pasti akan berusaha untuk menutupi kebotakannya dengan berbagai cara, mungkin memakai topi atau dengan cara menyembuhkannya dengan memakai berbagai obat penumbuh rambut.

3. Anemia


Rambut rontok yang terlalu berlebihan juga dapat menandakan anda mengalami anemia. Gejala anemia terjadi karena kurangnya suplai darah pada akar rambut sehingga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

4. Lupus


Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga jaringan sehat tubuh mudah terserang penyakit. Penyakit lupus lebih dominan menyerang wanita. Salah satu gejala dari ciri-ciri lupus yaitu terjadi kerontokan rambut yang parah. Jadi kalau rambut rontok terlalu parah maka hati-hati bisa jadi ini terjadi karena gejala dari penyakit lupus.


Diatas adalah beberapa resiko yang dioperoleh jika rambut kita mengalami rontok yang berlebihan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehata rambut kita. Serta kita harus merawatnya agar rambut kita tidak mudah rontok.



0 comments:

Post a Comment