Breaking News
Loading...
Thursday 8 February 2018

FAKTA DAN MITOS SEPUTAR KANKER


sel kanker


Kanker adalah golongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel – sel tersebut untuk menyerang jaringan lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan atau dengan berpindah sel ketempat yang jauh.

Kanker menyerang tubuh ketika sel-sel yang rusak membelah diri tak terkontrol hingga membentuk benjolan atau tumor. Tumor ini dapat tumbuh dan mengganggu system pencernaan, saraf, dan peredaran tubuh serta dapat melepaskan hormon yang mampu mengubah fungsi tubuh.


Belakangan ini banyak rumor yang beredar tentang penyakit kanker yang sulit dipercaya kebenarannya. Meski termasuk salah satu penyakit paling berbahaya, sayangnya ada kesalahpahaman mengenai penyebab kanker yang beredar di masyarakat hingga membuat orang semakin ketakutan. Berikut beberapa mitos dan fakta seputar kanker.





1.       Mitos : Deodoran bisa menyebabkan kanker payudara
      Fakta :
Hingga saat ini belum ada bukti mengenai hubungan antara penggunaan deodorant dengan kanker payudara. Jika merasa khawatir, maka pilihlah produk deodorant yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

2.       Mitos : Kanker bisa menular
Fakta :
Kanker bukanlah penyakit menular, karenanya tidak perlu menghindari orang yang terkena kanker. Menghabiskan waktu dan menyentuh orang dengan kanker justru dapat menjadi bentuk dukungan yang baik.

3.       Mitos : Pewarna rambut dapat menyebabkan kanker
Fakta :
Mungkin pernah mendengar pernyataan dan spekulasi terkait hubungan antara penggunaan pewarna rambut dengan kanker otak. Percayalah, itu tidak lain hanyalah salah satu di antara banyak mitos yang terkait dengan kanker. The Internasional Agency for Research on Canker (IARC) menyebutkan, meskipun ada risiko paparan zat karsinogenik di tempat kerja, tetapi penggunaan pewarna rambut tidak menyebabkan efek berbahaya terhadap manusia.

4.       Mitos : Orang kanker tidak boleh mengkonsumsi gula karena dapat mempercepat pertumbuhan kanker
Fakta :
Semua sel termasuk sel kanker memang memerlukan gula darah (glukosa) untuk energy. Tapi memberikan gula lebih banyak pada sel-sel kanker tidak akan mempercepat pertumbuhannya, dan mengurangi gula juga tidak memperlambat pertumbuhannya.

5.       Mitos : Kanker menyebabkan rambut rontok
Fakta :
Anggapan ini sama sekali tidak berkaitan. Rambut rontok bukanlah efek samping dari kanker melainkan karena efek terapi pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi. Bahkan, tidak semua pasien kanker yang menjalani perawatan ini akan mengalami kerontokan rambut

6.       Mitos : Kanker diturunkan
Fakta :
Anda mungkin sering melihat ada beberapa anggota dalam sebuah keluarga yang mengidap kanker. Hal ini tidak mengherankan, mengingat fakta bahwa kanker adalah suatu penyakit yang umum. Selain itu, anggota yang berbeda dalam sebuah keluarga mungkin terpapar faktor pemicu kanker yang sama seperti misalnya merokok. Namun pada beberapa kasus tertentu, ada kemungkinan kanker dapat diwariskan misalnya, kanker ovarium atau kanker kolorektal. Namun, penting untuk dicatat bahwa hal ini mungkin terjadi jika ada gen yang tidak normal dan bukan karena kanker itu sendiri.

7.       Mitos : Semua benjolan di payudara adalah kanker
Fakta :
Jangan panik jika Anda telah menemukan benjolan di payudara Anda karena tidak semua benjolan payudara adalah kanker. Menurut suatu penelitian, lebih dari 90 persen kasus benjolan pada payudara bukanlah kanker. Di sisi lain, hasil pemeriksaan sekitar 10 persen pasien kanker payudara tidak memiliki bentuk benjolan di payudara. Namun, Anda patut khawatir jika benjolan pada payudara Anda mengeluarkan cairan dan mengalami perubahan bentuk atau ukuran.


incoming search terms :
- Penyebab Kanker
- Mitos Kanker
- Fakta Kanker
- Mencegah Kanker
- Fakta tentang kanker

0 comments:

Post a Comment