Breaking News
Loading...
Thursday 6 April 2017

12 Cara Efektif Menyembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat


12 cara untuk menyembuhkan sakit kepala tanpa obat


Anda pasti pernah mengalami sakit kepala. Dari yang skala ringan hingga skala yang parah, sehingga memaksa anda untuk istirahat total. Jika anda sakit kepala, apa yang anda lakukan? minum obat pastinya.

Namun tahukah anda, bahwa survei yang pernah dilakukan oleh National Institue for Health and Clinical Excellence mengungkapkan bahwa 50 persen penderita sakit kepala karena terlalu banyak mengkonsumsi obat.

Iya, benar. Hal ini menjadi pengingat kita bahwa obat memiliki efek samping.

Meminum obat akan membuat anda menjadi mengalami ketergantungan dengan obat itu sendiri. Bahkan jika terus dikonsumsi, semakin lama obat tersebut menjadi tidak efektif.

Kenapa demikian?

Karena sistem imun kita sudah kebal dengan zat yang ada dalam obat tersebut. Itulah yang membuat obat tersebut menjadi tidak efektif lagi.

Sebelum anda mengkonsumsi obat, ada beberapa cara untuk meredakan sakit kepala. Bahkan ini bisa anda lakukan di rumah.

Berikut adalah 12 cara untuk menyembuhkan sakit kepala tanpa meminum obat

1. Tekan ibu jari kaki


Dalam ilmu refleksologi, jempol kaki berkaitan dengan saraf kepala. Memberikan sedikit tekanan pada ibu jari biasanya akan meredakan sakit kepala.

2. Gunakan bola tenis


12 cara untuk menyembuhkan sakit kepala

Silahkan anda ambil dua bola tenis, lalu sejajarkan. Setelah itu, anda berbaring dan posisikan bola di belakang leher. Perlahan-lahan, berikan sedikit tekanan seolah bola memijat leher. Ini akan membantu menenangkan otot-otot suboksipital yang merupakan penyebab utama nyeri ketegangan kepala.

3. Minum air putih


Sakit kepala mungkin merupakan tanda bahwa tubuh anda mengalami dehidrasi. Beberapa ahli mengatakan, dehidrasi bisa menyebabkan pembuluh darah di otak kesulitan mengatur kadar cairan tubuh sehingga memicu sakit kepala.

4. Makan sesuatu


Ahli gizi, Alexis Poole mengatakan, otak anda membutuhkan energi untuk berfungsi. Jika kadar glukosa turun terlalu rendah, maka salah satu dampaknya adalah sakit kepala.

5. Gigit cabai rawit


12 cara untuk meredakan sakit kepala


Ahli gizi Lily Soutter dari Nuffield Health (nuffieldhealth.com) mengatakan, bahan aktif dalam cabai, capsaicin telah terbukti dapat meredakan sakit kepala untuk penderita migrain.

6. Menundukkan kepala


Banyak sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan di otot leher. Menundukkan atau mendongakkan kepala akan membantu meredakan sakit kepala.

"Tundukkan kepala, selipkan dagu di dada bagian atas." kata penulis The Stretching Bible, Lexie Williamson. Selanjutnya, angkat kepala hingga beberapa waktu.

Baca Juga : Mengenal jenis sakit kepala, cara mengobati dan cara pencegahannya

7. Matikan komputer anda


Terlalu banyak berada di depan layar dapat menyebabkan computer vision syndrome, dengan gejala termasuk mata kering dan sakit kepala.

Dokter mata Bhavin Shah menyarankan untuk mengistirahatkan mata 15-20 menit setiap 50 menit. Hal ini akan meredakan sakit kepala dan ketegangan mata. Dan ingat aturan 20-20-20, setiap 20 menit bekerja di depan komputer, sempatkan untuk memalingkan pandangan dari layar monitor selama 20 detik ke titik lain yang berjarak 20 kai (sekitar 6 meter).

8. Gunakan kacamata hitam


Silau matahari memicu migrain dan sakit kepala pada beberapa orang, kata Bhavin. Untuk mencegahnya, cari kacamata terpolarisasi yang memiliki filter khusus.

9. Fokus pada amggota tubuh lainnya


Seringkali ketika sakit kepala, anda hanya terfokus pada ketidaknyamanan mata dan melupakan bagian tubuh lain. Ahli kesehatan integratif, David James Lees mengatakan, sebuah teknik meditasi Tao sederhana yang disebut "becoming the observer" bisa mengatasi sakit kepala.

"Duduk atau berbaring. Tutup mata anda. Bernapas secara perlahan dan dalam. Sekarang pindahkan perhatian anda dari sakit kepala anda dan fokus pada seluruh tubuh anda. Perhatikan bagaimana bagian-bagian lain dari tubuh anda. Lalu alihkan perhatian anda terhadap lingkungan di sekitar anda. Perhatikan dan menikmati semua sensasi yang anda dapat rasakan, dengar dan cium. Lanjutkan bersantai dan kembali menarik napas dalam-dalam," katanya. 

10. Tekan


Metode akunpuntur juga efektif mencegah dan mengatasi sakit kepala. Menurut David James Lees, ada beberapa titik akupresur yang membantu meringankan sakit kepala, salah satunya He Gu atau Union Valey.

"Ini adalah titik kuat terletak diantara ibu jari dan jari telunjuk. Berikan tekanan di tempat tersebut dan tahan selama tiga detik dan lepaskan. Ulangi tiga kali pada kedua tangan. Hal ini akan membantu meredakan sakit kepala."

11. Pilih rosemary


12 cara untuk meredakan sakit kepala


Herbalis Dee Atkinson menyarankan penggunaan setangkai segar rosemary untuk meredakan sakit kepala. Menurutnya, dengan menghirup aromanya menenangkan anda.

12. Tenangkan diri


Sebagian besar dari kita sering bernapas terlalu pendek sehingga suplai oksigen ke pembuluh darah di otak sedikit dan mengakibatkan sakit kepala.

Cobalan anda untuk fokus dan tenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam dan bayangkan paru-paru anda penuh dengan udara, kemudian membiarkannya semua keluar perlahan-lahan dengan napas yang panjang.



incoming search :

  • sakit kepala
  • cara meredakan sakit kepala
  • cara menyembuhkan sakit kepala
  • menyembuhkan sakit kepala tanpa obat
  • mencegah sakit kepala
  • cara efektif menyembuhkan pusing
  • cara meredakan pusing
  • mencegah terjadinya pusing
  • jenis-jenis pusing


0 comments:

Post a Comment